Rubik

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur HungariaErnő RubikKubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya.

Penemuan dan pengembangan

Sebelum ditemukan

Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang dapat diputar dan mengajukan permohonan paten di Kanada untuk penemuan itu. Kubus itu disatukan dengan magnet. Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan kubusnya.
Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan patennya "Spherical 3 × 3 × 3". Dia menerima patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Penemuan

Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya sebagai alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D, tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai ia mengacak Kubusnya untuk pertama kali dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semula. Rubik memperoleh patennya di Hungaria atas penemuan "Kubus Ajaibnya" pada tahun 1975.
Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Kubus Ajaib disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan "Ideal Toys" untuk membawa Kubus Ajaib ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di LondonParisNuremberg, dan New York.

Pertandingan dan rekor

Speedcubing/speedsolving

Speedcubing adalah mencoba untuk menyelesaikan Kubus Rubik [1] secepat mungkin.
Erik Akkersdijk
Pertandingan Dunia pertama diadakan oleh Guinness Book of World Records yang diadakan di Munich pada 13 Maret 1981. Semua rubik di lubrikasi dengan ''petroleum jelly''. Pemenang resmi, dengan catatan waktu 38 detik adalah Jury Froeschl dari Munich. Kejuaraan dunia pertama internasional diadakan di Budapest pada tanggal 5 Juni 1982, dan dimenangkan oleh Minh Thai, pelajar Vietnam dari Los Angeles, dengan catatan waktu 22,95 detik.
Sejak tahun 2003, pemenang kompetisi ditentukan dengan mengambil tiga waktu rata-rata dari lima percobaan. Namun, waktu terbaik dari semua percoban juga dicatat. World Cube Association menyimpan sejarah rekor dunia. Pada tahun 2004, WCA mewajibkan untuk menggunakan perangkat waktu khusus yang disebut Stackmat Timer.
Saat ini, pemegang rekor dunia untuk 3x3x3 dipegang oleh Yusheng Du dari Cina dengan catatan waktu 3,47 detik di kompetisi Wuhu Open 2018.[2]

Blindfolded solving

Blindfolded solving (sering disingkat dengan BLD)adalah cara menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Dalam menyelesaikan dengan tertutup, kontestan mememorisasi/mengingat posisi warna Rubik yang teracak dengan mata terbuka, dan kemudian ditutup matanya sebelum menyelesaikan Rubik. Waktu mulai dihitung sejak cuber melihat rubiknya dan melakukan memorisasi. rekor resmi dunia saat ini untuk 3x3x3 BLD adalah 17,20 detik oleh Jeff Park dari Amerika Serikat.
Selama waktu penyelesaian, peserta menggunakan penutup mata / blindfold dan seorang juri memegang sehelai kertas di bawah hidung peserta. Hal ini bertujuan agar peserta tidak dapat mengintip di bawah celah blindfold dan hidungnya.

Multiple blindfolded solving

Mutiple blindfolded solving atau sering disingkat dengan multi BLD, disebut, sebut sebagai seni tertinggi dalam permainan rubik. Dalam permainan ini, peserta melakukan memorisasi BLD pada beberapa rubik sekaligus dengan mata tertutup tanpa jeda. Cabang ini jelas menuntut daya ingat yang luar biasa, keahlian teknik dan penguasaan, daya konsentrasi tinggi, dan penyelesaian yang cepat. Saat ini rekor dunia ini dipegang oleh orang berkewarganegaraan India bernama Shivam Bansal, yang menyelesaikan 48 dari 48 Kubus Rubik dalam waktu 50:48 menit.

One handed solving

One handed solving mengharuskan peserta untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri.

Solving with feet[sunting | sunting sumber]

Dalam hal ini, peserta mencoba untuk menyelesaikan Rubik dengan kaki, mulai dari tahap inspection hingga solving. Cabang ini benar-benar dipetandingkan secara resmi dalam kompetisi WCA. Pemegang rekor resminya adalah Daniel Rose-Levine dari Amerika Serikat dengan waktu rata-rata 16,96 detik.[3]

Rekor dunia

Rekor dunia dalam menyelesaikan Kubus Rubik dengan mata tertutup berhasil dicetak pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 di FX Building, Jakarta. Rubik berukuran 3x3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit diselesaikan atas nama Muhammad Iril Khairul Anam dari Indonesia. Selain itu, Indonesia juga pernah memecahkan rekor dunia lain, dicabang Rubik Clock atas nama Jonathan Irvin Gunawan yang dicetaknya pada 26 May 2012 di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung. Dia menyelesaikan Rubik Clock dengan waktu rata-rata 7.09 detik. Semua rekor ini tercatat di WCA.

Team blinfolded

Yaitu menyelesaikan Rubik dimana satu orang dengan mata tertutup dan orang lain mengatakan apa yang harus dilakukan.

Perkembangan di Indonesia

Kubus Rubik mulai terkenal setelah penyelenggaraan Indonesia Open 2009, dimana acara ini diliput oleh SCTV. Tidak lama setelah itu, kubus rubik mulai populer dan sudah dijual di toko-toko buku besar, seperti Gramedia. Kompetisi Rubik di Indonesia yang kedua ialah Jakarta Open 2010, dimana Muhammad Iril Khairul Anam memecahkan rekor dunia menyelesaikan kubus rubik dengan mata tertutup. Hingga saat ini, berbagai kompetisi telah diselenggarakan, seperti Indonesian Championship 2010, Bali Cube Day 2010, dan lain - lain.
Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada komunitas rubik di Indonesia seperti NSA (Nusantara Speedcubing Association) dengan ketua saat ini Arief Widodo. NSA juga memiliki beberapa cabang di Indonesia, seperti JRCC (Jakarta Rubiks Cube Club)PRJ (Paguyuban Rubik Jogjakarta), dan lain - lain.
Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik (Rekor Indonesia) menurut MURI berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo, sedangkan menurut WCA (World Cube Association, organisasi rubik tingkat dunia), Rekor Indonesia dipegang oleh Stephen Adhisaputra pada tanggal 14 Januari 2012 dalam even Rubikku Champ dengan catatan waktu 6.84 detik.
Rubik Cube VariantsPocket CubeRubik CubeRubik RevengeProfessor's CubeV-Cube 6V-Cube 7
Variasi dari rubik, dari kiri atas (searah jarum jam): V-Cube 7Professor's CubeV-Cube 6Pocket Cube,Kubus Rubik Original, Rubik Revenge.

Variasi

Ada berbagai variasi Cubes Rubik dengan sampai yaitu: 2 × 2 × 2 (Rubik mini),rubik 3 × 3 × 3 (standar), 4 × 4 × 4 (Revenge Rubik / Master Cube), dan 5 × 5 × 5 (Professor's Cube), 6 × 6 × 6 (V-Cube 6), dan 7 × 7 × 7 (V-Cube 7).
Terdapat beberapa perkembangan dalam ukuran dan bentuk geometris lainnya. Beberapa bentuk seperti termasuk tetrahedron /rubik segitiga (Pyraminx), rubik segi delapan (Skewb Diamond), rubik segi duabelas (Megaminx).


Cara menyelesaikan rubik 3x3x3:
Cara bermain rubik yang pertama yaitu pahami nama-nama dasar dari rubik. Rubik kubus berukuran 3×3 ini terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubungkan pada poros. Terdiri dari 6 sisi, yang tiap sisinya memiliki warna yang berbeda. Setiap bagian dari rubik ini memiliki nama masing masing.
1. Center: bagian tengah rubik yang posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.
2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.
3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.
4. Layer: Terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah adalah Layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir Layer 3.

8 Cara Bermain Rubik yang Mudah dan Cepat Bagi Pemula - Citizen6 Liputan6.com

Pahami dasar pergerakan dalam rubrik

Cara bermain rubik yang kedua adalah pahami dasar pergerakan dalam rubik. Dasar pergerakan ini akan digunakan dalam rumus. Sebenarya, tidak perlu dihapal juga, namun saat kamu bermain bisa membuat istilah atau nama pergerakan dengan sendirinya.
1. R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam
2. R’ (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam
3. L (Left): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam
4. L’ (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam
5. U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam
6. U’ (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam
7. D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam
8. D’ (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam
9. F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam
10. F’ (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam
11. f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam
12. f’ (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam
13. B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam
14. B’ (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.

 Cara bermain rubik yang terakhir adalah mempelajari rumus bermain rubik dan sering-seringlah berlatih. Berikut cara bermain rubik yang mudah dan bisa kamu praktekan.
1. Fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar. Kamu harus fokus dulu pada satu warna. Misal warna patokan merah.
2. Bentuk Cross merah dengan Center warna kuning. Cross disini merupakan pola mirip simbol “+”.
3. Membentuk Cross merah secara sempurna sempurna. Samakan warna top layer (edge) yang bersebelahan kotak merah dengan centernya.
4. Sempurnakan layar utama. Ini memang cukup rumit, namun kamu bisa menggunakan rumus algoritama L’ U’ L dan R U R’.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edge Parity

Pen Spinning

6x6 How to Solve